Artikel


Bekerja di Hotel, Resor, Klub Golf dan Kapal Pesiar di berbagai negara


 

Lulusan SHS diminati industri perhotelan di luar negeri.

Mereka bekerja di hotel, resor, klub golf hingga kapal pesiar di berbagai negara. Hal ini menunjukkan mereka adalah SDM yang andal karena memiliki ketrampilan yang dibutuhkan.

Menurut Bagus Soepomo, Direktur Surabaya Hotel School (SHS), banyak lulusan sekolah ini yang bekerja di berbagai tempat di seluruh dunia. Begitu pula banyak siswa yang diterima magang di luar negeri, misalnya di hotel – hotel di Malaysia.

“Staf hotel – hotel tersebut datang langsung ke sini untuk merekrut para siswa yang akan magang di hotel – hotel mereka,” ujarnya pada Kamis (13/2/2014).

Pada 19 Februari ini, ada grup hotel dan golf dari Malaysia, Portdickson dan Nilai, akan datang ke SHS untuk melakukan tes rekrutmen pada para siswa yang berminat magang di kedua tempat tersebut. Mereka bisa mendaftar lalu mengikuti tes dan wawancara.

Bagus menjelaskan, tenaga yang diminta adalah untuk front office, restoran, kitchen dan house keeping. Jumlahnya mungkin 25-50 orang bergantung kebutuhan pihak yang meminta.

Ia mengatakan, tawaran tersebut tak akan disia-siakan para siswa karena merupakan kesempatan bagus dan berharga. Meskipun berstatus magang, mereka sudah mendapatkan salary 800-1.000 Ringgit / bulan, makan dan akomodasi. Juga mendapat tambahan uang jika lembur.

“Setelah magang selesai, mereka bisa terus bekerja di sana jika ditawari atau bekerja di tempat lain atau di negara lain. Jadi sekarang makin banyak kesempatan untuk magang dan bekerja di luar negeri,” ujar Bagus.

Menurut ia, para siswa yang pernah magang di luar negeri mudah diterima bekerja di sana karena memiliki nilai tambah yaitu pengalaman, Bahasa Inggris yang lebih baik, etos kerja yang bagus dan mental yang sudah terasah sehingga lebih dipercaya.

Alumni SHS yang tersebar di berbagai negara juga berperan penting karena kerap merekomendasikan lulusan dan siswa SHS untuk bekerja di suatu tempat. Rekomendasi ini juga bisa dilakukan antara manajemen hotel.

Bagus menambahkan, program magang tersebut sudah berjalan bertahun - tahun. Ia menyebutkan, hingga kini terdapat sekitar 10 hotel di Malaysia yang menjalin kerja sama dengan SHS dalam merekrut tenaga magang. Jumlahnya mencapai 500 siswa / tahun.

Ia ingin memberikan kesempatan ini kepada SMK dan sekolah perhotelan lainnya. Untuk itu, pihaknya mengizinkan SMK – SMK dan sekolah perhotelan lainnya untuk menitipkan siswa mereka guna mengikuti rekrutmen di SHS.

Bagus mengatakan, pihaknya juga membantu mengirimkan penguji ke 50 SMK se-Jatim selama 5 tahun ini. Sekolah – sekolah ini memerlukan penguji eksternal yang mumpuni.

“Kami ingin membantu mereka. Tujuan SHS kan meningkatkan SDM,” ujarnya.

SHS - Informasi
+62 31 563 3608