Informasi : Kegiatan



 

  Pertama-tama kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak sehingga SHS menerima penghargaan sebagai LKP Berprestasi Tingkat Nasional untuk bidang Pariwisata dan Perhotelan. Untuk ini, ungkapan terimakasih kami sampaikan kepada Yang Terhormat:

Pemerintah kota Surabaya dalam hal ini Dispendik Surabaya yang membimbing dan membina SHS selama ini. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam hal ini Dispendik Prov. Jatim yang sudah mempercayai SHS untuk mewakili Jawa Timur di ajang LKP Berprestasi Tingkat Nasional untuk bidang Periwata / Perhotelan.

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Beserta seluruh Dewan Juri yang sudah bekerja keras, mengorek dan mengupas dengan teliti segala kekurangan dan kelebihan semua LKP yang masuk nominasi sebagai finalis peserta ajang LKP berprestasi tingakat nasional tahun 2016 ini.

Kami senang dan bangga menerima penghargaan ini, sebagai apresiasi perjuangan dan pengabdian SHS selama 28 tahun. Besar harapan kami dengan penghargaan yang kami terima ini tidak menyakiti perasaan atau merendahkan teman sesama LKP, karena semua peserta adalah yang terbaik dari daerah masing-masing.

SHS hadir tidak berpikir atau berharap untuk mendapatkan penghargaan apalagi predikat juara apapun karena itu bukan cita-cita atau tujuan kami.

SHS hanya berpikir bagaimana menigkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan serta pelayanan kepada masyarakat karena kepercayaan dari masyarakat sangatlah penting untuk keberlangsungan LKP apapun agar tetap eksis. Jangan sampai ada LKP yang terima penghargaan sebagai LKP berprestasi, tapi tidak selang berapa lama LKP tersebut tutup, bangkrut dan dijual karena tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga tidak mendapatkan banyak siswa.

SHS hadir dengan visi misi yang jelas adalah PENGABDIAN. SHS didirikan bukan untuk tujuan bisnis, bukan memperkaya diri, tapi tetap dikelola secara professional. Itulah sebabnya sejak awal SHS sudah membantu mereka-mereka yang perlu dan layak dibantu untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan GRATIS – 100 %, padahal SHS didirikan hanya bermodalkan TEKAT & NEKAT. Pada tahun 1988 dengan modal awal Rp.1,5 Juta dari hasil patungan tiga orang masing-masing Rp.500 ribu-an.  Tempat masih harus sewa bulanan seperti anak kost, bangku ngebon (hutang) tapi SHS sudah berani memberi beasiswa GRATIS 100 % sekolah tanpa biaya bagi yang kurang mampu. Itulah bukti bahwa SHS bukan untuk tujuan bisnis tapi PENGABDIAN.  Kami ingat pesan orang tua, kalau untuk kebaikan membantu sesama jangan takut hidup kita susah atau kesulitan. Kami percaya Tuhan / Allah SWT akan menuntun kita di jalan yang diridhoi Allah SWT bagi kita yang punya niat baik dan menjalankannya dengan baik pula.

Kami bukan dari keluarga kaya-raya, sekarangpun secara materi kami bukan tergolong orang kaya, tapi kami juga bukan tergolong orang-orang yang susah apalagi menderita. Kami keluarga SHS adalah keluarga bahagia karena kebahagiaan itu datang dari dalam diri kita sendiri bukan karena melimpahnya harta atau kedudukan yang kita miliki. Kebahagiaan kami karena sampai dengan sekarang kami masih bisa tetap membantu sesama dengan jumlah dan kualitas yang lebih baik serta anak didik kami sebagian besar sukses menjalani profesinya di seluruh dunia, bisa berkarier dan berpenghasilan baik.

Biarlah kami bekerja seperti “petani” menyiangi lembaga pendidikan dan pelatihan perhotelan sampai khatam. Kami merasa masih haus dengan ilmu pengetahuan serta ketrampilan di bidang perhotelan yang baru. Masih harus mempelajari tren dunia teknologi perhotelan, masih harus sebih SOPAN lagi menyapa masyarakat. SHS tidak boleh hanya jago kandang, mimpi besar kami adalah menjadi salah satu sekolah perhotelan terbaik di dunia, karena Bangsa ini sopan ramah, ulet atau tangguh, cermat, jujur dan waskita sebagai modal dasar siapapun yang ingin berkerja/ berprofesi dibidang jasa perhotelan (hospitality).

Ini juga berkaitan dengan masalah harga diri bangsa, jangan sampai kita dianggap bangsa yang bodoh, karena untuk sekolah yang berkualitas apa kita harus selalu pergi ke luar negeri?  Sekarang saatnya kita harus mampu membuat siapapun termasuk mereka yang dari negara lain, kalau mau sekolah perhotelan yang berkualitas mereka harus merasa perlu sekolah di Indonesia, dan itu ada di SHS.

Alumni SHS sudah mampu mengisi lowongan-lowongan kerja di tingkat management perhotelan dan pariwisata di seluruh dunia yang makin sempit ini oleh hadirnya budaya pandang dengar yang makin membuat dunia ini “satu.”

Bagai filsafat padi, kalau makin berisi harus makin merunduk. Jangan sampai penghargaan ini membuat kami angkuh, sombong merasa paling baik, paling benar, maunya “menang” sendiri, apalagi arogan berkacak pinggang.

Tak ada gading yang tak retak, kami minta maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada kesalahan atau kekeliruan yang tidak kami sengaja.

SHS - Informasi
+62 31 563 3608